AG Recruitment Ngaku Tak Tahu Soal Broker di Indonesia

P2MIProjo.com – Direktur AG Recruitment, Douglas Amesz mengaku tidak tahu apa-apa terkait broker yang mengirim Pekerja Migran Indonesia ke Inggris. Dia juga menyangkal melakukan kesalahan.

“AG Recruitment bekerja sama dengan agen perekrutan Jakata, Al Zubara Manpower, untuk mencari ratusan pekerja untuk pertanian Inggris, termasuk Clock House. Tampaknya Al Zubara menggunakan perantara di pulau-pulau di seluruh negeri untuk menemukan pekerja pertanian yang bersedia secepat mungkin,” kata Amesz kepada theguardian.com

Amesz menjelaskan, AG Recruitment tidak tahu apa-apa tentang broker yang menemukan para pekerja. Saat bertemu Banyu dan teman-temannya di Jakarta, Amesz mengatakan untuk tidak membayar biaya tambahan. Namun mereka (Banyu) mengatakan ini ilegal dan mereka diminta calo lokal untuk tidak menceritakan apa yang telah mereka bayarkan.

“AG ‘sepenuhnya bekerja sama’ dengan Gangmasters dan Otoritas Penyalahgunaan Tenaga Kerja dan bahwa dia ‘sangat prihatin mengetahui tuduhan yang telah diajukan’. Dia mengatakan Al Zubara tidak menangani perekrutan apa pun dan bahwa AG tidak meminta mereka untuk mensubkontrakkan perekrutan ke organisasi atau perantara lokal lainnya.

Baca Juga:

PMI Bermaslah di Inggris, KBRI London Bentuk Satgas Khusus

Sementara Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah mengatakan sudah berdialog dengan para Pekerja Migran Indonesia di Clockhouse dan Mansfield, di Kent. Dia juga ke kantor AG Recruitment, pemasok pekerja, untuk mendiskusikan masalah ini.

“Para WNI yang menjadi PMI juga sudah ke KBRI, kami lakukan koordinasi dengan Tim Klarifikasi Kemenaker untuk membahas berbagai hal, termsuk proses rekrutmen mereka di tanah air,” tambah Faizasyah seperti dilansir Jawapos.com (19/8).

Sebelumnya, Direktur PT Al Zubara Manpower Indonesia Yulia Guyeni mengatakan proses penempatan PMI ke Inggris Raya oleh perusahaannya telah memenuhi prosedur secara resmi, baik dari negara asal di Indonesia maupun negara penempatan Inggris.

Penempatan PMI oleh Al Zubara Manpower Indonesia merupakan kerja sama dengan AG Recruitment & Manajamen Ltd. yang mengklaim memiliki lisensi sebagai agensi penempatan pekerja migran di wilayah Inggris Raya.

Baca juga:

Kemlu RI Buka Suara Soal Kasus PMI di Inggris

Selain mengantongi izin SIUP dari otoritas berwenang di Indonesia, Al Zubara Manpower Indonesia juga telah melakukan endorsemen dokumen kerja sama dengan AG Recruitment & Manajamen Ltd. di KBRI London.

“Kami juga melakukan endorsmen dokumen kerja sama kami dengan AG Recruitment di KBRI London, mengajukan SIP2MI di BP2MI; sehingga kami bisa melakukan ID untuk CPMI dan orientasi pra pemberangkatan (OPP),” kata Yulia Guyeni, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...