Polri dan Kepolisian Kamboja Siap Berantas Sindikat TPPO

P2MIProjo.com – Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan, Polri dan kepolisian Kamboja sepakat melakukan kerja sama pencegahan TPPO mulai dari titik perekrutan-pengiriman dan penyerahan TKI di Kamboja.

“Penegakan hukum yang tegas terhadap TPPO yang terjadi di Kamboja oleh Kepolisian Kamboja dan penegakan hukum terhadap pelaku TPPO di Indonesia oleh Bareskrim Polri,” tegas Arief usai bertemu kepolisian Kamboja dalam upaya penyelamatan 62 WNI korban penyekapan perusahaan online scammer di Sihanoukville, Kamboja.

Menurutnya, WNI yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Kamboja masih mungkin ada. Karena itu, kata Arief, Polri akan meneken kerja sama dengan Kepolisian Kamboja terkait pemberantasan TPPO.

Polri maupun Kepolisian Kamboja telah menunjuk perwakilannya.

“Polri menunjuk Ses NCB Interpol Indonesia, Brigjen Amur Chandra dan Kepolisian Kamboja menunjuk Deputy Director of Logistic and Finance Departement, Personal Assistant of Deputy Commissioner General, Pol Brig Gen You Boren,” tegas Arief

Baca juga:

Jerman Tolak Paspor Baru RI Tanpa Tanda Tangan, Imigrasi Minta Maaf

Selanjutnya, Komjen Arief mengungkap rencana tindak lanjut Polri dalam menangani kasus penyekapan 62 WNI di Kamboja. Langkah pertama adalah koordinasi antar-Interpol kedua negara untuk memberikan dukungan alat bukti penyidikan di Kamboja.

“(Lalu) Kerja sama investigasi perkara ini di Indonesia karena banyak korban WNI oleh sindikat TPPO. (Juga) Pengembangan investigasi untuk memberantas sindikat ini di Indonesia dan Kamboja atau negara lain yang terafiliasi,” ujarnya.

Polri juga membangun kerja sama pencegahan kejahatan TPPO dengan para stakeholder di Indonesia dengan koordinasi Kemenko Polhukam dan tukar menukar informasi dengan pihak Kepolisian Kamboja. Menurut Arief, langkah-langkah tersebut perlu dukungan diplomatik Kemlu RI dan Kamboja untuk pencegahan, investigasi, dan penyelamatan.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...