Ini Kronologi Pembebasan WNI di Kamboja

P2MIProjo.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 55 Warga Negara Indonesia (WNI) yang disekap di Kamboja berhasil dibebaskan, Sabtu, 30 Juli 2022. Berdasarkan informasi, mereka sudah dipindahkan ke tempat aman di Pnomphen.

“Penanganan WNI kita yang disekap perusahaan online scam Kamboja, malam hari ini kami dapat konfirmasikan bahwa 55 WNI berhasil diselamatkan. Lima WNI lainnya masih poroses dipindahkan, sedang diupayakan untuk dievakuasi,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers, Sabtu malam.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri menyatakan ada 53 WNI menjadi korban penipuan perusahaan investasi bodong di Sihanoukville, Kamboja. Berdasarkan data terkini, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, jumlahnya ada 60 orang.

Kasus penyekapan terhadap WNI di Kamboja diungkap dari aduan seorang warganet dengan akun @angelinahui97 kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah.
Ia lalu meminta tolong kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar membantu membebaskan 54 orang WNI yang disekap di Kamboja. Ganjar pun langsung memerintahkan Disnakertrans Provinsi Jateng untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Retno mengatakan, sejak menerima informasi, berbagai upaya dilakukan untuk penyemalamatan dan evakuasi. Upaya juga dilakukan langsung pada tingkat tinggi.

“Kemarin Jumat, saya melakukan komunikasi dengan menlu Kamboja untuk minta bantuan agar WNI segera dapat dikeluarkan dengan selamat dari penyekapan,” katanya.

Menlu Kamboja Prak Sokhonn menjanjikan untuk memberikan bantuan dan langsung koordinasi dengan kepolisian

“Tidak lama setelah itu, info kedua datang dari Menlu Kamboja bahwa pasukan kepolisian akan diterjunkan besok pagi (Sabtu),” kata Retno

Tim khusus kepolisian Kamboja berhasil menyelamatkan WNI dan membawa 55 korban perdagangangan manusia ini ke tempat aman. Lima WNI yang disekap di lokasi terpisah, dalam proses pembebasan

Menurut Retno, 55 WNI itu dalam kondisi sehat,

Dalam pembebasan itu, tim KBRI ikut turun ke Sihanouk Hill tempat WNI disekap.

Ia menambahkan, Kepolisian Kamboja akan melakukan pemerinkaan untuk menyelidiki kejahatan ini. KBRI juga akan melakukan wawancara terhadap 55 WNI yang terindikasi menjadi korban tindak pidana perdagangan orang.

Menlu Retno belum bisa memastikan kapan WNI korban trafficking ini akan kembali ke Indonesia.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...