Lim Guan Eng: Kekurangan Tenaga Kerja Lumpuhkan Pertumbuhan Ekonomi Malaysia

P2MIProjo.com – Ketua Partai Aksi Demokrasi Malaysia, Lim Guan Eng, menuntut pemerintah mengambil tindakan segera atas kekurangan tenaga kerja akut yang melumpuhkan produksi dan pertumbuhan ekonomi.

Akibat kekurangan tenaga kerja, kata Lim menjelaskan, Malaysia telah kehilangan sekitar RM10,5 miliar dari sektor kelapa sawit karena tidak dipanen sepanjang tahun ini dan RM2 miliar dalam ekspor suku cadang mobil setahun.

Dia kemudian menyoroti depresiasi ringgit ke titik terendah sepanjang masa terhadap dolar Singapura di RM3,22 dan terendah lima tahun terhadap dolar AS di RM4,46.

“Ringgit yang lemah terhadap dua dari tiga mitra dagang terbesar kita adalah tanda buruk dari kurangnya kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi negara kita.” kata Lim seperti dikutip Free Malaysia Today, Selasa, 26 Juli 2022.

Dengan mengorbankan bisnis dan konsumen, dia mengatakan inflasi impor dari pelemahan ringgit akan semakin meningkatkan biaya dan harga.

Oleh karena itu, Lim meminta Menteri Sumber Daya Manusia M Saravanan memastikan kapan pekerja Indonesia akan diizinkan kembali ke sana.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha sebelumnya mengatakan Pemerintah Indonesia mendorong melaksanakan pertemuan bilateral untuk mencari jalan keluar kisruh sistem perekrutan pekerja domestik ke Malaysia.

Indonesia membekukan pengiriman tenaga kerja ke Malaysia akibat perbedaan persepsi terhadap isi kesepakatan yang sudah ditanda-tangani kedua negara.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...