Polres Bengkalis Ciduk 1 Orang Otak Pengiriman 30 PMI Non Prosedural ke Malaysia

P2MIProjo.com – Polres Bengkalis dan Polsek Bukit Batu telah berhasil mengamankan 30 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam sebuah operasi penegakan hukum. Berdasarkan informasi yang diterima Batamnews pada Kamis (14/9/2023), dari jumlah tersebut, lima orang berasal dari Bangladesh.

Para PMI ilegal ini ditangkap setelah masyarakat memberikan informasi tentang rencana keberangkatan 30 PMI ke Malaysia melalui jalur pinggir laut di Desa Sepahat.

Baca juga:

Cegah TPPO, Imigrasi Serang Bentuk Dua Desa Binaan di Wilayah Rawan PMI Non Prosedural

Tim Satuan Reserse Kriminal Polres Bengkalis melakukan pemantauan lapangan dan menemukan bahwa PMI ini tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan yang sah, menjadikan mereka ilegal dalam prosesnya.

“Benar, kita amankan 30 PMI saat ingin diberangkatkan dari pinggir laut, di Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis. Lima orang berasal dari Bangladesh,” jelas Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro melalui Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Firman Fadhila, Kamis (14/9/2023).

Penangkapan terhadap PMI ini dilakukan pada Senin (11/9/2023). Selama proses interogasi, PMI mengakui bahwa persiapan keberangkatan mereka diatur oleh pasangan suami istri, SP yang berusia 48 tahun, dan SY yang berusia 37 tahun.

Baca juga:

Menko PMK Sebut Masih Banyak Kasus TPPO Belum Terungkap

“Kami telah berhasil mengamankan SY, sementara suaminya, SP, berhasil melarikan diri ke dalam hutan. Kami saat ini sedang melakukan pengejaran terhadapnya, dan dia masuk dalam daftar pencarian orang. Mereka akan dihadapkan pada hukum atas perbuatan mereka,” tambah Kasat Reskrim.

Pelaku akan dihadapkan pada sejumlah pasal yang mencakup pelanggaran UU RI No 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana peradangan orang, UU RI No.17 Tahun 2018 tentang perlindungan pekerja Migran Indonesia, serta UU RI No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Brosur Hosana Jasa Persada

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...