BRIfast: Pengiriman Uang PMI dari Malaysia Tembus Rp 1 Triliun

P2MIProjo.com – Pengiriman uang para pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia selama Ramadhan 2023 menembus angka Rp1 triliun melalui BRIfast Remittance.

“Transaksi pengiriman uang PMI di Malaysia selama bulan puasa sampai Lebaran tahun ini mencapai Rp1 triliun,” kata Country Manager BRI Malaysia Bagus L Maestoso di Kuala Lumpur, Sabtu.

Bagus juga mengatakan pengiriman uang melalui BRIfast Remittance di Malaysia pada Ramadhan tahun ini mengalami peningkatan sebesar 125 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya dan tumbuh sebesar 107 persen dari tahun ke tahun (yoy).

Baca juga:

BP2MI: Indonesia Tidak Pernah Mengadakan Perjanjian Kerja dengan Sudan

Menurut Bagus, tren peningkatan volume transaksi mulai terjadi sejak awal puasa dan terus meningkat hingga memasuki H-2 Idul Fitri seiring dengan tingginya keinginan para PMI untuk mengirimkan uang untuk keperluan Lebaran keluarga mereka.

“Dengan semakin baiknya kondisi sosial ekonomi di Malaysia, termasuk adanya peningkatan upah minimum di tahun 2022, kami optimis pengiriman uang ke Indonesia melalui BRIfast Remittance akan terus meningkat,” ujar Bagus.
Salah seorang pekerja migran Indonesia, Ila (42 tahun), yang sudah lima tahun bekerja di kawasan Chow Kit, Kuala Lumpur, mengatakan kebutuhan semakin meningkat saat bulan puasa, apalagi mendekati Lebaran.

Baca juga:

Bareskrim Polri Selidiki Dugaan TPPO 20 PMI Disekap di Myanmar

Bagi dia, sudah jadi kebiasaan di kampung bahwa masyarakat akan banyak pengeluaran, mulai dari biaya mudik, membeli pakaian baru, menyiapkan kue dan masakan, sampai memberikan amplop berisi uang hari raya untuk keluarga.

“Setiap bulan saya kirim uang ke Indonesia biasanya Rp3 juta untuk kebutuhan anak-anak dan keluarga di kampung. Kalau mau Lebaran kirim uang lebih besar sekitar Rp7 juta buat beli baju, kue dan makanan,” kata Ila.

Brosur Hosana Jasa Persada

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...