Rayakan HUT Pertama, Satgas P2MI Projo Bukber Bareng Wamendes

P2MIProjo.com – Satuan Tugas Peduli Pekerja Migran Indonesia (Satgas P2MI) Projo bagi-bagi takjil gratis untuk masyarakat yang melintas di depan Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satgas P2MI Projo ke-1 Selasa (28/3/2023).

Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur mengatakan, HUT Satgas P2MI Projo ke -1 kami bagi-bagi takjil gratis, buka puasa bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang juga Ketum Projo Budi Arie Setiadi dan Sekjen Projo Handoko.

Satgas P2MI Projo juga memaparkan seluruh kegiatan selama 1 tahun, mulai dari sosialisasi, advokasi, melakukakan kunjungan ke bandara Soekarno-Hatta untuk melihat keberangkatan pekerja migran Indonesia (PMI) hingga membantu kepulangan PMI yang membuat pengaduan melalui call centre Satgas di website www.p2miprojo.com.

“Sambil menunggu jadwal buka puasa, Satgas P2MIProjo melaporkan seluruh kegiatan satgas selama 1 tahun ini (2022-2023). Sekaligus meminta sumbang saran atau nasihat dari ketum Projo Budi Arie Setiadi dan Sekjen Projo Handoko,” ucap Sinnal.

Satgas P2MI Projo mendapat hadiah istimewa dari Ketum dan Sekjen Projo yakni penyerahan SK Satgas P2MI Projo Jawa Barat. “Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satgas ke-1 kami mendapat hadiah istimewa, yakni, SK Pembentukan Satgas P2MI Projo Jawa Barat,” ujarnya.

Sinnal menjelaskan, perluasan cabang dilakukan dengan hati-hati karena isu pekerja migran melibatkan perputaran uang yang cukup besar.”Kami pun selektif dalam menentukan orang-orang di kepengurusan daerah agar benar-benar terverifikasi dan bisa menjalankan visi misi Projo. Dan tahun ini, bakal dibuka di Pulau Jawa, dan menyusul di kantong-kantong PMI lainnya seperti NTB, NTT, Sulsel, dan Lampung,” tegasnya.

The Real Ambassador

Sekretaris Satgas P2MI Projo Toni Kristiastomo menambahkan perluasan cabang Satgas P2MI Projo di daerah merupakan salah satu upaya mengawal UU No 18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. “Kami menyadari pelindungan PMI ini sangat penting. Lewat Satgas P2MI Projo di daerah, kami mencegah pekerja migran ilegal dari hulu melalui sosialisasi di kantong pekerja migran agar mereka jadi pekerja migran yang prosedural.” “Dengan menjadi PMI yang prosedural, maka negara juga akan hadir untuk melindungi. Ini penting karena PMI sejatinya ialah pahlawan devisa dan real ambassador bangsa Indonesia di luar negeri,” pungkas Toni.

Selanjutnya, Sekretaris Jenderal Projo Handoko berharap kelak Satgas P2MI Projo dapat berkontribusi dalam sektor pekerja migran Indonesia secara signifikan. “Sehingga keberadaan PMI ini benar-benar sesuai tujuan, yakni menjadi pengungkit devisa bagi bangsa serta memberikan efek kesejahteraan ekonomi kepada masyarakat,” pungkas Handoko.

Terakhir, Ketum Projo yang juga Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi berharap Satgas P2MI Projo bisa melindungi dan memperhatikan nasib PMI khususnya yang mendapat perlakuan kurang beradab dan melanggar HAM.

“Selamat ulang tahun yang pertama untuk Satgas P2MI Projo semoga berkarya nyata bekerja untuk perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) di luar dan dalam negeri. Kita berharap Satgas P2MI Projo bisa melindungi dan memperhatikan nasib PMI khususnya dari perlakuan yang kurang beradab dan melanggar HAM. Satgas P2MI Projo terus berjaya terus eksis melaksanakan dan menjalankan semangat PROJO Setia di Garis Rakyat,” tutup Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...