BP3MI Jatim: Bandara Juanda Sering Jadi Transit PMI Non Prosedural

P2MIProjo.com – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran (BP3MI) Jawa Timur mengungkapkan bahwa Bandara Internasional Juanda kerap menjadi titik transit para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal atau Non-prosedural sebelum berangkat ke negara tujuan.

Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran (BP3MI) Jawa Timur, Titis Wulan mengatakan, para PMI yang diamankan di Bandara Juanda itu tanpa kelengkapan dokumen sesuai prosedur. Bahkan paspor dan tiket penerbangan pun baru mereka dapat di Bandara.

“Mereka tidak memegang apa pun sama sekali. Bahkan handphone mereka baru dikasih selama perjalanan di bandara. Jadi polanya sudah berubah seperti itu, Juanda jadi target untuk pemberangkatan,” katanya, Senin (27/3/2023).

Baca juga:

Satpolres Asahan Amankan 66 PMI Non Prosedural

Keberangkatan PMI Ilegal itu telah diungkap oleh sejumlah pihak terkait sejak bulan Januari 2023 lalu. Yang pertama pada 28 Januari lalu sebanyak 87 calon PMI ilegal tujuan Timur Tengah berhasil diamankan dari Bandara Juanda oleh Kemenaker RI.

Kemudian pada 30 Januari, BP3MI Jatim bersama Intelkam Polda Jatim mengamankan 30 calon PMI ilegal di rumah penampungan yang terletak di kawasan Tembok Dukuh, Surabaya dengan tujuan Arab Saudi

Tak hanya itu, sambung Titis, pada 7 Maret lalu Polda Jatim bersama Polres Lumajang menetapkan tiga tersangka yang memberangkatkan puluhan calon PMI ilegal. Pihak Polres Lumajang telah mengamankan 42 korban.

Baca juga:

Satgas Pamtas Tangkap PMI Non Prosedural diJalan Tikus RI-Malaysia

“Para calon PMI yang mau berangkat secara ilegal itu didominasi pekerja di sektor penata laksana rumah tangga (PLRT) di negara-negara Timur Tengah,” jelasnya.

Menurutnya, PMI ilegal sangat rentan dari aspek jaminan, misalnya dari segi perlindungan hukum dan adiministrasi seperti klaim BPJS Ketenagakerjaan.

“Visa yang dipakai PMI ilegal itu visa kunjungan,” katanya.

Pihak BP3MI Jatim tak tinggal diam melihat permasalah ini. Oleh sebab itu mereka menggelar 81 sosialisasi ke 12 kota/kabupaten se Jatim terkait perlindungan PMI dan cara menjadi PMI yang sesuai prosedural, meskipun dengan anggaran yang minim.

“Untuk tahun 2023 kami sudah melakukan 23 sosialisasi dan memasifkan konten edukasi lewat sosial media instagram,” tutup Titis.

Brosur Hosana Jasa Persada

Suara Surabaya

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...