Kanwil Kemenkumham Jatim Perkuat Fungsi Pencegahan TPPO dan PMI Non Prosedural

P2MIProjo.com – Pencegahan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural (PMI-NP) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) memerlukan keterlibatan berbagai stakeholder. Untuk itu, Kanwil Kemenkumham Jatim mengajak stakeholder di Malang Raya berkolaborasi untuk memperkuat fungsi pencegahan.

“Ini sebagai tindakan preventif serta untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan orang dan penyelundupan manusia serta isu-isu lainnya terkait kebijakan Keimigrasian,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari pada acara Rapat Koordinasi Kerjasama Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Organisasi Internasional dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural (PMI- NP) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) hari (21/ 3).

Baca juga:

Polisi Ringkus Dalang Pengirim PMI Non Prosedural ke Malaysia

Oleh sebab itu melalui rapat koordinasi ini, Imam berharap dapat memberikan motivasi bagi para pemangku kewenangan di Kabupaten dan Kota Malang. Serta pemahaman mengenai isu-isu kasus perdagangan orang dan penyelundupan manusia.

“Melalui kegiatan Rapat Koordinasi ini diharapkan kita dapat memberikan motivasi didalam bersinergi dan kolaborasi bagi pemangku kebijakan/ kewenangan di Kota Malang khususnya dan sekitarnya serta pemahaman mengenai isu-isu aktual kasus perdagangan orang dan penyelundupan manusia khusus pengiriman PMI-NP dan TPPO serta konsekuensi hukum dari kegiatan ilegal tersebut,” tegasnya.

Imam juga mengharapkan jajarannya bisa meningkatkan koordinasi, sinergitas, dan tukar menukar informasi dalam pengawasan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural (PMI-NP) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Jawa Timur dengan Aparat Penegak Hukum. Serta perlu adanya kepastian hukum dan shock therapy bagi oknum-oknum yang melanggar ketentuan yang berlaku.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan mempererat hubungan antar instansi terkait di Jawa Timur,” urainya.

Baca juga:

NTT Kembali Terima Tiga Jenazah PMI dari Malaysia

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Direktorat Jenderal Imigrasi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten dan Kota Malang serta International Organization For Migration (IOM). Penghargaan disampaikan khususnya kepada Bupati dan Walikota Malang beserta Jajaran atas kerja samanya.

Brosur Hosana Jasa Persada

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...