Menaker Beberkan Penipuan Berkedok Lowongan Kerja di Media Sosial

P2MIProjo.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengungkapkan, banyak masyarakat yang tertipu lowongan kerja di luar negeri yang tersebar lewat media sosial. Salah satu pemancingnya adalah iming-iming upah tinggi, ditambah janji lainnya soal kenyamanan bekerja.

Salah satu kasus penipuan berkedok lowongan kerja adalah seperti yang terjadi tahun 2022 lalu, saat ratusan warga Indonesia jadi korban penipuan serupa, bahkan disekap di Kamboja. Warga Indonesia yang terjebak mengaku tergiur mencari nafkah di Kamboja. Ada juga yang mengaku karena kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19, usaha yang pailit, hingga lulusan sekolah menengah ataupun perguruan tinggi yang kesusahan mencari pekerjaan di Indonesia.

“Mereka itu rata-rata karena mendapat informasi lowongan kerja dari medsos (media sosial). Kami sampaikan ke Disnaker provinsi, kabupaten-kota, imbauan kepada masyarakat untuk menyebarluaskan informasi dalam mewaspadai iklan lowongan kerja, modusnya banyak dari medsos,” katanya dikutip Rabu (15/2/2023).

Baca juga:

Kunker ke Lombok, Menaker Minta PMI Tingkatkan Kompetensi Sebelum Berangkat Keluar Negeri

Untuk itu, lanjut Ida, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Kami tandatangani MoU dengan Kemkominfo tentang sinergitas dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan ketenagakerjaan yang mencakup pengawasan dan pengendalian konten internet bidang ketenagakerjaan khususnya pengendalian iklan dan penipuan, itu kan banyak,” sebut Ida.

Selain itu, ada juga beberapa upaya lain dalam bentuk pencegahan agar tidak terjadi penipuan hingga berujung tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Ada beberapa langkah yang dilakukan Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) dalam penanganan dan pencegahan PMI (Pekerja Migran Indonesia) non-prosedural di negara Kamboja dan negara lain. Diantaranya melakukan inspeksi mendadak pada visa facilitation service Arab Saudi Jakarta, penampungan hotel di Batam, DKI, Jabar, Bandara Soetta, Bandara Juanda 6,” pungkas Ida.

Brosur Prima Tour
Brosur Prima Tour

Sumber:CNBC

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...