Usai Pulangkan Novi dari Arab Saudi, Satgas P2MI Projo Kumpulkan Data Untuk Diserahkan ke Mabes Polri

P2MIProjo.com – Satuan Tugas Peduli Pekerja Migran Indonesia (Satgas P2MI) Projo berhasil memulangkan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) Novi Andriyani (31) dari Arab Saudi. PMI asal Sukabumi tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (8/2/2023) malam.

Wakil Sekretaris Satgas P2MI Projo, Martin Purba mengatakan, kami mendapat pengaduan dari Novi Andriyani melalui Call Center yang ada di website p2miprojo.com.

“Ya, kami menerima pengaduan dari website p2miprojo.com dan langsung menjalankan SOP penanganan PMI baik internal maupun eksternal. Rapat internal dan arahan dari ketua Satgas serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya.

Saat Novi tiba di Bandara, Satgas P2MI Projo sudah berkoordinasi dengan Staf BP2MI yang bertugas di Bandara Soettha agar Novi didata sambil menunggu kedatangan keluarganya di Lounge BP2MI. Saat ini, Novi sudah berkumpul bersama suami dan keluarganya di Sukabumi.

Baca juga:

Satgas P2MI Projo Desak Pemerintah Cabut Izin PT yang Terlibat Penempatan CPMI Non-prosedural

Usai kepulangan Novi ke Sukabumi, Satgas P2MI Projo masih mencari informasi dan mengumpulkan data-data lain untuk diserahkan kepada pihak yang berwenang.

“Selain dokumen yang ada, kami terus mencari data dan informasi lainnya seperti PT yang memberangkatkan dan siapa saja yang terlibat untuk kita serahkan ke mabes polri dan instansi terkait. Kami juga akan mencari info melalui enjaznya. Nanti dari situ bisa ketahuan semua,” bebernya.

“Karena Satgas P2MI Projo berusaha mencegah penempatan PMI secara non prosedural dan mengawal serta mmbantu menyosialisasikan penempatan PMI Secara Prosedural Berdasarkan Undang Undang Nomor 18 Tahun 2017 dan Melindungi Pekerja Migran Indonesia dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki Slogan Pembina Kita Bapak Presiden Jokowi,” tegas Martin.

Selanjutnya, Novi dan keluarga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan Satgas P2MI Projo dan BP2MI.

Baca juga:

Satgas P2MI Projo Desak Pemerintah Usut Tuntas Kasus 12 PMI yang Disekap di Dubai

“Sekali lagi terima kasih banyak untuk tim Satgas P2MI Projo, serta BP2MI yang membantu kepulangan saya ke Indonesia hingga tiba di rumah dengan selamat,” kata Novi melalui sambungan telpon. Kamis (9/2/2023).

Ibu dari dua anak ini mengaku tak mengetahui bahwa dirinya bekerja di Arab Saudi secara ilegal atau non prosedural. “Saya tidak tahu kalau ilegal. Awalnya saya diajak sponsor luar (kampung) Ibu Imas, setelah itu dikenalkan oleh sponsor dalem (yang proses) Ibu Mayang melalui telepon. Bu Mayang yang Interview dan kasih info keberangkatan,” ucapnya.

Novi sempat merasa curiga saat keberangkatannya tertunda dengan alasan yang tak jelas. “Sempat curiga, kok uda mau berangkat ditunda seminggu dan perjalanan ke Bandara gonta-ganti mobil,” tuturnya.

Akhirnya, Novi dan empat orang CPMI lainnya menunggu informasi keberangkatan ke Arab Saudi di Medical Avida Jakarta.

Baca juga:

Satgas P2MI Projo Pantau Bandara Soetta, 64 CPMI Gagal Berangkat ke Timur Tengah

Pada tanggal 23 Oktober 2022, Novi mendapat informasi dari Bu Mayang melalui telepon untuk berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno-Hatta. Setibanya di Sarikah, Arab Saudi, Selama 45 hari Novi kerap dipindahkan dari sarikah stu ke Sarikah lain sebelum mendapatkan majikan.

Akhirnya, Novi sempat bekerja selama 1 bulan 2 Minggu. Namun gaji yang diterimanya tak sesuai dengan apa yang dijanjikan Imas (sponsor kampung). “Gaji nggak sesuai, penampungan desak-desakan, makan dan minum tidak terjamin pokoknya serba susah. Makanya saya putuskan pulang,” ucapnya.

Selanjutnya, Novi menghubungi Mayang untuk menceritakan kondisinya supaya bisa kembali ke Indonesia. Namun, Mayang tak bisa lagi dihubungi. Berdasarkan informasi dari beberapa PMI, Mayang telah mengganti nomor ponselnya. Akhirnya, Novi mendapat informasi untuk membuat pengaduan ke Satgas P2MI Projo. “Saya dapat info di FB dan baca beritanya lalu klik pengaduan dan akhirnya saya bisa kembali ke Indonesia. Sekali lagi terima kasih Satgas P2MI Projo, terima kasih BP2MI,” tutupnya

Brosur Prima Tour
Brosur Prima Tour

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...