Penampungan CPMI Ilegal di Surabaya Digerebek, 29 Telepon Seluler Diamankan Petugas

P2MIProjo.com – Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Timur bersama Intelkam Polda Jatim melakukan penggerebekan rumah penampungan Calon Pekerja Mirgran Indonesia (CPMI) ilegal di Surabaya.
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan sebanyak 29 CPMI non-prosedural diamankan.

“Pengamanan telah dilakukan di rumah penampungan, Jalan Tembok Dukuh 5 No 75 Surabaya yang mana para CPMI tersebut akan diberangkatkan ke Arab Saudi secara ilegal sebagai PRT. Adapun barang bukti yang telah diamankan sebanyak 29 telepon seluler milik CPMI,” kata Benny, melalui keterangannya, Senin (30/1).

Benny mengatakan penggerebekan merupakan tindaklanjut pengaduan dari salah satu keluarga CPMI di kantor BP3MI Sulawesi Tenggara.

“Pada tanggal 30 Januari 2023 pukul 10.00 WIB, Tim BP3MI Jawa Timur mendapatkan informasi dari BP3MI Provinsi Sulawesi Tenggara perihal pengaduan salah satu keluarga CPMI yang akan diberangkatkan secara ilegal dan saat itu berada di penampungan Surabaya,” ujarnya.

Baca juga:

Inspeksi Mendadak, Kemnaker Gagalkan Pengiriman 87 CPMI Non prosedural di Bandara Juanda

Pukul 11.00 WIB, Tim BP3MI Jawa Timur bersama dengan Intelkam Polda Jatim langsung menuju ke TKP di Jalan Tembok Dukuh 5 No 75 Surabaya untuk menindaklanjuti pengaduan dan mengamankan para CPMI.

“Pada saat penggerebekan, terdapat beberapa orang yang berada di lokasi dan diduga sebagai pelaku perekrutan. Salah satu terduga bernama Jihan yang menjaga penampungan,” ucapnya

Selanjutnya, para CPMI diamankan dan dibawa ke kantor BP3MI Jatim untuk dilakukan pendataan dan pemeriksaan oleh pihak Intelkam Polda Jatim.

Berdasarkan pendataan awal, kata Benny, CPMI berasal dari NTB sebanyak 15 orang; Jawa Barat sebanyak 8 orang; Sulawesi Tenggara sebanyak 4 orang; Jawa tengah sebanyak 1 orang dan Lampung sebanyak 1 orang.

Saat ini CPMI sudah berada di Kantor BP3MI Jatim dan beberapa Tim Intelkam Polda Jatim dan BP3MI Jatim masih berada di TKP untuk penyeledikan lebih lanjut.

Brosur Prima Tour
Brosur Prima Tour

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...