12 PMI Disekap dan Dijual Sebagai PSK di Dubai, DPR: Hukum Pelaku Seberat-beratnya

P2MIProjo.com – Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Laksono menanggapi video viral yang beredar di media sosial. Dalam video tersebut menggambarkan penyelamatan 12 pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKW Indonesia yang diduga disekap di Hor Al Anz, Uni Emirat Arab.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 itu mengutuk keras dugaan 12 pekerja migran Indonesia yang disekap dan dijual sebagai pekerja sek komersial (PSK) di Dubai. Mereka diduga ditipu dan dijual oleh sesama wanita Indonesia asal Bandung, Jawa Barat.

“Penjual mereka (12 TKW) adalah para biadab yang wajib diproses dan dihukum seberat-beratnya. Para wanita itu sedang berusaha untuk mencari kehidupan yang lebih baik, mereka adalah pahlawan devisa,” ujar Dave dilansir¬†Beritasatu.com, Senin (23/1/2023)

Baca juga:

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Amankan 5 Orang PMI Non Prosedural yang Masuk Lewat Jalur Tikus

Para pekerja migran Indonesia (PMI), kata Dave, telah diperlakukan sangat kejam dan sudah kehilangan segalanya. Menurut dia, pemerintah wajib membela mereka dan memberikan keadilan.

“Dan pemerintah juga harus terus menyosialisasikan tentang ke mana para WNI kita harus mencari perlindungan ketika sedang bekerja di luar negeri. Dan juga terus memberantas agen-agen tenaga kerja yang palsu dan menelantarkan para PMI kita,” tegas Dave.

Informasi ini diketahui dari sebuah video yang viral di media sosial. Video itu menggambarkan peristiwa diduga detik-detik penyelamatan pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKW Indonesia yang diduga disekap di Hor Al Anz, Uni Emirat Arab viral. Video berdurasi 33 detik itu dibagikan oleh akun @fentyfni

“Ini aku drop videonya. Kasihan bgt nih dijual sm org indo jg loh,” cuit @fentyfni, Minggu (22/1/2023).

Brosur Prima Tour
Brosur Prima Tour

Dalam cuitannya, @fentyfni mengunggah video TikTok @sabrinaerita yang memperlihatkan video dramatis penyelamatan TKI dari balik tembok dengan menggunakan tangga kayu.

“Tragedi malam ini 20 Janury di Horland, we are here to safe our people… saya bersama kawan-kawan berhasil membebaskan 12 orang yang di sekap dan di jual oleh sesama wanita Indonesia juga yang bernama T,” tulis @sabrinaerita dalam video tersebut.

Dalam video tersebut tampak sejumlah WNI dan dibantu aparat setempat berusaha mengarahkan para TKW yang berada di atas dinding untuk turun.

“Jangan loncat, jangan loncat,” ujar salah seorang dalam video tersebut.

“Bismillah ya Allah,” ujarnya lagi.

Video singkat tersebut kemudian menuai tanggapan dari warganet. Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak berwenang mengenai pihak yang bertanggung jawab dalam peristiwa tersebut.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...