Kabar Gembira! Disnaker Tabanan Sebar Info Loker di Kapal Pesiar Nih

P2MIProjo.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tabanan kembali memfasilitasi penyelenggaraan rekrutmen calon pekerja migran Indonesia (CPMI) pada kapal pesiar. Info lowongan kerja di kapal pesiar itu disebarluaskan hingga ke desa-desa.
Rekrutmen tersebut akan diselenggarakan oleh PT Bali Paradise Citra Dewata (BPCD). Perusahaan yang sekitar Juli 2022 lalu sudah sempat melakukan rekrutmen di Tabanan

“Iya. Kami fasilitasi lagi. Jadi CPMI yang mau bekerja ke kapal pesiar bisa mengikuti job recruitment ini,” jelas Kepala Disnakertrans Tabanan, I Nyoman Putra, dilansir DetikBali, Senin (16/1/2023).

Rekrutmen tersebut akan berlangsung selama dua hari. Mulai Selasa (17/1/2023) hingga Rabu (18/1/2023) dari pukul 10.00 sampai 15.00 Wita.

Baca juga:

Top! PM Malaysia Janji Selesaikan Masalah Pekerja Migran Indonesia Dalam Tiga Bulan

“Proses dan mekanismenya sama seperti tahun lalu. Syarat-syaratnya juga sama. Dan registrasinya gratis,” tegasnya.

Nyoman Putra menjelaskan, pihaknya telah menyebarkan informasi mengenai rekrutmen tersebut secara luas. Termasuk kepada para ratusan perbekel atau kepala desa di Tabanan.

“Sehingga informasi rekrutmen ini bisa disampaikan lagi kepada warganya di desa masing-masing,” pungkasnya.

Disinggung soal target serapan, Nyoman Putra menyebutkan bahwa pihaknya tidak mengetahuinya. Sebab itu tergantung dari kebutuhan dan hasil rekrutmen yang dilakukan pihak penyelenggara.

Brosur Hosana Jasa Persada

“Kami hanya memfasilitasi penyelenggaraannya. Seperti tempat dan waktunya. Serta menyebarluaskan informasinya ke masyarakat. Khususnya CPMI yang mau bekerja di kapal pesiar,” sebut Nyoman Putra.

Sebelumnya, ada 48 orang CPMI yang mengikuti rekrutmen pada Juli 2022 lalu. Dari jumlah itu, 22 orang CPMI dinyatakan lulus rekrutmen.

“Saat rekrutmen pertama ada 22 dari 48 CPMI yang lulus,” jelas Fungsional Pengantar Kerja pada Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja di Disnaker Tabanan, I Gede Ekananda Hartika, secara terpisah.

Berdasarkan catatan Disnakertrans Tabanan, jumlah pencari kerja ke luar negeri sepanjang 2022 memang mengalami lonjakan. Ini terjadi seiring kebijakan sejumlah negara yang membuka kembali penerbangan internasional.

Berdasarkan data Disnaker Tabanan hingga November 2022, ada 1.315 orang pencari kerja yang mengurus kartu AK 1 atau kartu kuning. Baik pencari kerja di luar negeri maupun dalam negeri.

Dari 1.315 orang tersebut, hampir sebagian besar telah memperoleh penempatan kerja yang didominasi di luar negeri pada sektor akomodasi wisata. Jumlahnya pada November 2022 sebanyak 1.142 orang.

Sektor akomodasi wisata yang paling dominan menyerap tenaga kerja adalah kru kapal pesiar. Khususnya kapal pesiar berbendera Italia

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...