Pekerja Migran Indonesia di Taiwan Dapat Pelatihan Media Sosial Untuk Tingkatkan Literasi Digital

P2MIProjo.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur kembali menunjukkan komitmennya dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui program Matching Fund (MF) 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI ini dilakukan demi menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (Lembaga Perguruan Tinggi) dan Mitra DUDI (Dunia Usaha / Dunia Industri)

Tahun ini, UPN Veteran Jawa Timur berhasil mengikutsertakan 13 proposal dengan total penyaluran anggaran Rp3,3 mmiliar.

Program MF 2022 yang diikuti oleh UPN Veteran Jawa Timur tidak hanya disalurkan kepada masyarakat Indonesia di Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri, utamanya Taiwan.

Adapun kegiatannya melalui kegiatan Bootcamp Pelatihan Media Sosial bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan, bekerja sama dengan UPZ (Unit Pengelola Zakat) BAZNAS Bhakti Jaya Indonesia sebagai bagian dari lembaga pendidikan Indonesia yang beroperasi di Taiwan.

Koordinator kegiatan Bootcamp Pelatihan Media Sosial bagi PMI di Taiwan, Praja Firdaus Nuryananda, mengatakan bahwa berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh WeAreSocial dan Kepios, media sosial menjadi salah satu channel yang penting dalam memasarkan sebuah produk bisnis, dengan Instagram (84,8 persen) dan TikTok (63,1%) menjadi platform yang paling banyak digunakan.

Melalui rangkaian Bootcamp Pelatihan Media Sosial bagi PMI di Taiwan, kami ingin memberikan pembekalan kemampuan digital kepada PMI di Taiwan demi meningkatkan kapabilitas mereka sebagai insan produktif,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (27/12/2022).

Praja menambahkan, kegiatan ini juga mendorong nilai inklusivitas yang diusung UPN Veteran Jawa Timur dengan tidak hanya mengundang generasi Z PMI di Taiwan, tetapi juga generasi milenial dengan rentang usia 24-39 tahun, hingga 45 tahun.

Bootcamp ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari Bootcamp Literasi Finansial dan Bahasa Inggris yang sukses diselenggarakan pada 2021 lalu,” kata dia

Praja menyebut dengan total saluran pendanaan hingga Rp1 triliun, Program Matching Fund ini tidak hanya memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk berkegiatan dan mendapat pengalaman di luar kampus, tetapi juga memungkinkan program pengabdian dengan jangkauan masyarakat dan kebermanfaatan yang lebih luas.

Dia mengungkapkan Bootcamp Pelatihan Media Sosial ini merupakan bukti keberlanjutan dedikasi untuk meningkatkan keahlian PMI di Taiwan agar terus dapat bersaing di dunia kerja yang bergerak serba cepat.

“Kami berharap rangkaian bootcamp ini dapat memberikan kontribusi yang riil bagi para PMI di Taiwan dan kami harap dapat terus menjadi partner bertumbuh PMI di Taiwan,” kata Praja.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof Akhmad Fauzi, mengatakan bahwa talenta digital di era teknologi saat ini memang harus dibangun, melihat tuntutan yang ada di dunia industri.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Bootcamp Pelatihan Media Sosial bagi PMI di Taiwan ini demi meningkatkan relevansi dan keselarasan pengembangan ilmu dan teknologi,” kata Akhmad.

Sebagai civitas akademika, dosen perlu untuk terus memastikan bahwa nilai-nilai yang dibawa selaras dengan kebutuhan zaman. Karena apabila tidak, Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan bisa jadi tidak tepat sasaran,” katanya

Sumber: Tribunnews

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...