Puan Minta Dewan Syuro Qatar Lindungi Pekerja Migran Indonesia

P2MIProjo.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di Qatar. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri Qatar per Oktober 2022 WNI yang berada di Qatar sebanyak16.690 orang. Tentunya, hal ini menjadi salah satu isu prioritas.

Dalam rilis yang diterima Redaksi, Senin (5/12), Puan meminta perhatian dan dukungan Dewan Syuro Qatar agar para pekerja migran Indonesia dapat bekerja dengan baik dan terlindungi. Hal ini disampaikan Puan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar Hassan bin Abdullah Al-Ghanim dan Wakil Ketua Majelis Syuro Qatar Hamda bin Hassan Al-Sulaiti di Gedung Shura Council Qatar, Doha, Minggu.

Puan juga menyampaikan para pekerja profesional Indonesia di Qatar bekerja di sektor migas, tenaga medis, perhotelan, pilot, dan pramugari. Saat bertemu Hamda bin Hassan Al-Sulaiti, kedua pimpinan parlemen perempuan itu berbicara soal isu kesetaraan gender.

Selanjutnya, Puan mengingatkan pentingnya inisiatif penguatan pemberdayaan perempuan dalam memberikan kontribusi bagi perdamaian, khususnya di Afghanistan.

“Sebagai sesama pimpinan parlemen perempuan, tentunya akan sangat berguna bagi kita dapat bertemu dan berbagi pengalaman, bagaimana mempromosikan peran perempuan di dunia politik dan memajukan kesetaraan gender,” katanya. Menurut dia, parlemen Indonesia dan Qatar dapat bekerja sama dalam mengembangkan partisipasi perempuan di dunia politik serta soal kesetaraan gender.

Puan menjelaskan saat ini anggota DPR perempuan berjumlah hampir 22 persen, meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 1999 di mana anggota parlemen perempuan di Indonesia hanya 9 persen. “DPR RI telah memiliki Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia. Kita dapat berbagi pengalaman tentang bagaimana mengatasi hambatan dalam pengembangan partisipasi perempuan dalam berbagai bidang,” ujarnya.

Untuk memperkuat kerja sama yang baik antara Indonesia dan Qatar, Puan mengatakan perlu dukungan kuat dari parlemen kedua negara.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...