Pemagang ISO Jepang Disambut di Sekolah Bahasa Jepang di Kagoshima

Di Kota Satsumasendai, sebuah sekolah dasar yang seharusnya ditutup telah menyambut “mahasiswa baru” untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Penguasa pembelajaran baru adalah peserta pelatihan magang teknis dari luar negeri.

Bulan ini, ketika penerimaan, yang telah ditangguhkan karena bencana corona, dilanjutkan, kami mewawancarai upaya unik untuk memanfaatkan penutupan sekolah dan pemikiran daerah di masa depan.

(Stasiun Penyiaran Kagoshima Nao Nishizaki)

Dimulainya kembali penerimaan peserta pelatihan magang teknis

Sembilan peserta magang teknis berusia 20-an dari Indonesia baru “memasuki” bekas Sekolah Dasar Nanase di Kota Satsumasendai, yang ditutup lima tahun lalu. Karena dampak virus corona baru, setelah sekitar satu tahun penundaan, saya akhirnya datang ke Jepang.

Chandra Nugraha, 21, mengatakan dia memutuskan untuk bekerja sebagai trainee magang teknis di Jepang untuk mendukung biaya kuliah dan keuangan rumah tangga saudara perempuan dan adik laki-lakinya di Indonesia.

Chandra Nugraha, seorang trainee magang teknis,

berkata, “Saya menghemat banyak uang dan bekerja untuk keluarga saya. Itu saja. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membiasakan diri”.

Upaya untuk memanfaatkan bekas situs sekolah tertutup

Kota Satsumasendai, di mana sekitar 40% sekolah dasar dan menengah pertama telah ditutup dalam dekade terakhir atau lebih karena angka kelahiran yang menurun. Kami adalah yang pertama di prefektur untuk memberlakukan peraturan untuk mempromosikan penggunaan bangunan tertutup dan bekas situs, dan memperkenalkan sistem untuk mensubsidi biaya ekspansi dan renovasi.

Sistem ini digunakan oleh perusahaan layanan sumber daya manusia yang komprehensif di prefektur yang mencari fasilitas pelatihan untuk peserta pelatihan magang teknis. Peserta pelatihan magang teknis diwajibkan oleh hukum untuk belajar tentang budaya dan hukum Jepang selama sebulan sebelum bekerja, tetapi ada beberapa tempat di Kagoshima.

Ruang kelas telah diubah menjadi ruang belajar dan akomodasi, dan gedung sekolah tiga lantai terlahir kembali tiga tahun lalu menjadi fasilitas pelatihan yang dapat menerima hampir 60 peserta pelatihan sekaligus.

(Ketua Toshiharu Niihara)

“Dari titik titik fakta mereka, kakek dan nenek adalah kata-kata bahagia seperti “Untuk semua orang di Minamise” yang tertulis dalam surat itu.” Niihara telah mengundang peserta pelatihan ke acara dan acara tradisional setempat untuk berinteraksi dengan mereka. Saya telah kesepian selama dua tahun terakhir ketika saya tidak dapat berinteraksi dengan peserta pelatihan karena dampak virus corona baru.

Saat ini, belum mungkin untuk mengadakan acara seperti masa lalu, tetapi banyak peserta magang teknis dijadwalkan untuk memasuki bekas Sekolah Dasar Nanase mulai bulan depan dan seterusnya.

Niihara mengatakan bahwa ia berharap untuk secara bertahap menghidupkan kembali pertukaran seperti sebelumnya dan mengarah pada revitalisasi wilayah tersebut.

(Ketua Toshiharu Niihara)

“Ini adalah langkah pertama bagi peserta pelatihan, jadi ketika corona menyatu, banyak peserta pelatihan akan masuk, dan jika Anda memiliki partisipasi khusus dalam acara lokal, Anda akan dapat berpartisipasi.

Bahkan setelah kembali ke negara asal saya, saya akan menghargainya jika saya ingat bahwa saya
melakukan ini di Nanse dan berinteraksi dengan penduduk

distrik bahkan sedikit.”

Melalui wawancara ini, saya merasa bahwa pemanfaatan bekas lokasi sekolah tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja baru di wilayah tersebut, tetapi juga membawa pertukaran baru kepada masyarakat setempat dan mengarah pada revitalisasi regional, seperti yang ditunjukkan oleh Tuan Niihara.

Dan di atas segalanya, saya merasakan keinginan untuk meninggalkan pembelajaran yang telah kami habiskan di masa lalu.

Di kota Satsumasendai, ada tempat di mana situs sekolah terlahir kembali sebagai tempat latihan bisbol selain ini. Saya ingin terus memperhatikan inisiatif unik menggunakan penutupan sekolah.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...