170 PMI Asal Tangerang Siap Diberangkatkan ke Hongkong

P2MIProjo.com – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Banten, mencatat sebanyak 170 orang calon pekerja migran Indonesia (PMI) akan diberangkatkan ke beberapa negara Asia seperti Hong Kong dan Taiwan.

“Ada 170 calon Pekerja Migran Indonesia yang terdaftar di SISKO TKLN, mereka kebanyakan akan bekerja ke Taiwan dan Hong Kong,” kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerj Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan,  tingginya animo calon PMI untuk bekerja di Hong Kong dan Taiwan karena ada kerja sama dengan negara tujuan yang memberangkatkannya.

“Untuk wilayah Timur Tengah pemerintah Indonesia masih melakukan moratorium dalam pemberangkatan PMI,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, tidak sedikit juga warga di Kabupaten Tangerang telah tercatat sebagai pekerja di luar negeri secara ilegal. Hal itu disebabkan banyaknya para oknum calo PMI yang merayu mereka untuk bekerja keluar negeri khususnya ke negara Timur Tengah.

“Untuk menggaet para korbannya, para calo berani memberikan sejumlah uang kepada para korbannya dan pergerakan mereka tidak terdeteksi oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya pun meminta warga yang berminat bekerja di luar negeri menempuh prosedur resmi agar terhindar dari berbagai masalah di negara penempatannya.

“Jadi kami mengajak masyarakat lebih cermat dalam menerima tawaran untuk kerja di luar negeri. Jangan tergiur hanya dengan tawaran uang yang besar,” kata dia.

Sumber: Antara

Related

Menaker Perluas Kerja Sama Penyaluran PMI di Korsel

P2MIProjo.com - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melakukan kunjungan kerja ke...

Kadin Institute Kerja Sama Dengan P3MI dan Agen Arab Saudi Untuk Penempatan PMI

P2MIProjo.com - Wakil Ketua Umum Bidang Sumber Daya Manusia...

Ingat! PMI Harus Paham Aturan Kepabeanan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

P2MIProjo.com - Jalani peran sebagai community protector dan revenue...

PMI Tampil Spektakuler di Pentas Budaya Hongkong

P2MIProjo.com - Sedikitnya 250 pekerja migran Indonesia turut menyemarakkan...

Disnaker: PMI di Mataram Banyak Memilih ke Malaysia

P2MIProjo.com - Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Nusa Tenggara...