Pemkab Cirebon Beri Pelatihan Kompetensi 32 CPMI

P2MIProjo.com – Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memberikan pelatihan kompetensi kepada 32 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) agar ketika berada di luar negeri tidak ada permasalahan.

“Pelatihan kompetensi ini kami berikan kepada CPMI, agar mereka dapat beradaptasi ketika bekerja,” kata Bupati Cirebon Imron di Cirebon, Senin.

Imron mengatakan pelatihan diperlukan oleh CPMI, untuk menghindari permasalahan saat penempatan di luar negeri, sehingga mereka mempunyai bekal yang matang ketika berada di negara orang.

Menurutnya, pelatihan yang dilakukan pemerintah itu sangat diperlukan, apalagi pekerja migran merupakan penyumbang devisa bagi negara, dan sudah seharusnya negara memfasilitasi serta memberikan perlindungan.

Imron menuturkan CPMI ini diberikan keahlian dan bahasa sesuai dengan negara tujuan, agar mereka mendapatkan tempat yang laik, untuk itu pemerintah memfasilitasi bagi masyarakat yang akan bekerja di luar negeri dan memberikan pelindungan.

Pihaknya meminta kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti semua tahapan secara baik. Hal tersebut, menurutnya sangat penting sebagai bekal kelak saat bekerja. “Peserta pelatihan agar mengikuti proses pelatihan dengan baik dan cermat agar dapat memiliki bekal untuk bekerja di luar negeri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon Novi Hendriant mengatakan pelatihan diperlukan untuk menghindari permasalahan saat penempatan di luar negeri, karena hingga Oktober 2022 terdapat 48 orang PMI yang bermasalah di luar negeri.

“Dengan pelatihan ini, minimal dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah paham dalam bahasa dan menerjemahkan perintah,” katanya.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...