322 Warga Kudus Tercatat Jadi PMI

P2MIProjo.com – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus mencatat, sebanyak 322 warga Kudus menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) di beberapa negara.

Di antaranya adalah Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Arab Saudi, Taiwan, dan beberapa negara lainnya.

Kepala Bidang Pelatihan Penempatan dan Produktivitas pada Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Agus Sumarsono mengatakan, data tersebut dihimpun sepanjang Januari hingga Oktober 2022.

Kata dia, dari 322 PMI yang terdata, didominasi perempuan dengan usia produktif. Mereka para PMI perempuan mayoritas bekerja sebagai asisten rumah tangga.

“Perempuan yang bekerja sebagai PMI rata-rata usia 30 tahun sampai 40 tahun. Sedangkan untuk PMI laki-laki rata-rata usia 25 tahun sampai 30 tahun dengan sasaran kerja ke pabrik-pabrik di negara tujuan,” terangnya, Senin (7/11/2022).

Agus menerangkan, durasi lama bekerja PMI bervariasi. Biasanya, lama kerja ART hingga dua tahun, sedangkan pekerja pabrik biasanya menyesuaikan kontrak kerja hingga tiga tahun.

“Kalau rata-rata lama bekerja 2-3 tahun, untuk yang pekerja pabrik ada juga yang kontrak kerjanya hanya enam bulan. Tergantung kebijakan perusahaannya,” ujar dia.

Agus menyebut, ratusan warga Kudus itu menjadi PMI dimungkinkan karena faktor ekonomi. Yaitu, mereka ingin memperbaiki taraf hidup keluarga masing-masing agar perekonomian keluarga meningkat.

“Yang jelas, kebanyakan karena faktor ekonomi, ingin berpenghasilan lebih besar. Terutama bagi laki-laki ingin mengumpulkan modal dari penghasilan sebagai PMI,” jelasnya.

Sumber: Tribunews

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...