PMI Asal Indramayu Hilang Kontak Selama 11 Tahun

P2MIProjo.com – Kasus pekerja migran Indonesia atau PMI yang hilang kontak kembali terjadi. Kali ini, Ruminih Sarman (48), warga Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Jeddah, Arab Saudi tidak dapat dihubungi atau hilang kontak.

Kakak kandung Ruminih, Karda Alih, 56, menyebutkan Ruminih berangkat ke Arab Saudi pada September 2006 melalui jasa calo di Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang.

Karda menjelaskan, lima tahun pertama bekerja di Arab Saudi komunikasi Ruminih dengan keluarga di Kabupaten Indramayu berjalan lancar, baik melalui panggilan telepon atau surat. “Lima tahun pertama komunikasi dengan keluarga lancar dan keluarga belum pernah menerima aduan atau keluhan dari Ruminih dengan majikannya,” kata Karda Alih melalui pesan tertulis, Senin (1/11/2022).

Setelah lima tahun pertama, tepatnya 2011, keluarga mulai mengalami kesulitan berkomunikasi dengan Ruminih hingga saat ini. Karda mengatakan, adanya hilang kontak dengan Ruminih, keluarga langsung berkoordinasi dengan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Indramayu dengan harapan bisa berkomunikasi dan kembali pulang.

“Semoga saja dengan membuat aduan ke SBMI adik saya bisa ditemukan dan dipulangka ke Indonesia dengan membawa hak-haknya selama bekerja disana,” harapnya.

Ketua SBMI Indramayu Akhmad Jaenuri mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti pengaduan dari keluarga Ruminih dengan membuat surat pengaduan KJRI Jeddah dan Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, SBMI Indramayu bakal terus menyampaikan informasi tersebut kepada publik agar Ruminih bisa ditemukan dan dibawa kembali pulang ke Indonesia. “Kami berharap dengan langkah yang diambil SBMI, ruminih bisa segera ditemukan dan berkumpul kembali dengan keluarga,” katanya.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...