Gagal ke Malaysia, 2 PMI Warga Jember Dicegat di Bandara Pontianak

P2MIProjo.com – Dua warga Kabupaten Jember, Jawa Timur menjadi korban penipuan calo Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal ke Malaysia. Keduanya adalah HR, warga Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul dan AQ, warga Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo.

Kasi Perlindungan Tenaga Kerja dan Pekerja Migran Indonesia Disnaketrans Jember Ridha Herawati menjelaskan, dua warga itu dicegat ketika berada di bandara di Pontianak. “Jadi mereka sudah hendak terbang ke Malaysia,” kata dia pada Kompas.com di UIN KHAS Jember pada Rabu (26/10/2022).

Menurut Ridha, pihaknya mendapatkan kabar dari BP2MI Tanggerang bahwa ada dua calon PMI Jember yang dicekal di bandara Pontianak ketika hendak terbang ke Malaysia. Mereka hendak menjadi kuli bangunan. “Dia kena cegah di Pontianak karena non prosedural atau ilegal,” tutur dia. Akhirnya, dua pria itu sempat ditahan di Pontianak. Dari Pontianak, keduanya dipulangkan ke Surabaya pada Rabu (26/10/2022).

Keduanya menjadi korban calo TKI yang kerap mengaku dari jasa pengiriman TKI resmi, namun sebetulnya ilegal. “Biasanya mereka diiming-imingi gaji besar dan cepat sehingga tertarik untuk berangkat,” tutur dia.

Ridha mengaku akan berkoordinasi dengan kepala desa, sebab pihak keluarga juga tidak mengetahui mereka berangkat secara ilegal. Ridha mengaku selama tahun 2022, sudah ada sekitar 10 warga Jember yang tertipu calo menjadi TKI ilegal. Bahkan, sudah ada satu orang yang berangkat ke Arab Saudi.

“Awal tahun satu orang, lalu lima orang, ada yang sudah ke Arab Saudi, sekarang dua orang,” ungkap dia. Dia menilai sosialisasi terhadap masyarakat terkait keberangkatan sebagai TKI harus terus digencarkan. Tujuannya agar masyarakat tidak mudah tertipu dengan calo TKI ilegal. Warga juga diminta untuk berkonsultasi dengan Disnaketrans jika ada tawaran bekerja sebagai TKI di luar negeri untuk mengetahui apakah calo tersebut resmi terdaftar atau tidak.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...