Satgas P2MI Projo Berhasil Pulangkan Siti Handayani yang Terlunta-lunta di Arab Saudi Selama 4 Bulan

P2MIProjo.com – Satgas P2MI Projo berhasil membantu kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) Siti Handayani Zaelaikha (34th) yang terlunta-lunta di Arab Saudi selama empat (4) Bulan.
Dia merasa bersyukur atas bantuan Satgas P2MI Projo bisa kembali ke Indonesia dan pulang ke kampung halaman.

“Terima kasih buat tim Satgas P2MI Projo yang sudah menindaklanjuti kasus aku sampai akhirnya aku kembali ke tanah air tercinta dangan selamat dan sehat walafiat. Semoga kedepannya Satgas P2MI Projo makin dipercaya oleh masyarakat dan pemerintah untuk membantu PMI yang bermasalah di negara-negara tempat mereka bekerja. Sehat selalu dan semakin lancar rezekinya buat para tim Satgas P2MI Projo yang sudah membantu dan Aku sudah berkumpul dengan keluarga dan suami,” kata Siti Handayani melalui jaringan selular, Kamis (8/9/2022).

Baca juga:

Agum Gumelar Acungi Jempol Buat Satgas P2MI Projo

Sebelumnya, Siti Handayani ingin pulang ke Indonesia lantaran belum menerima gaji dan mendapat perlakuan kasar dari majikan hingga sakit.

Wakil sekretaris Satgas P2MI Projo Marthin Purba menerima pengaduan kasus Siti Handayani Zaelaikha melalui jaringan selular WhattsApp pada tanggal 8 Juli 2022. Berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) Satgas P2MI Projo, pengaduan harus dibawa dalam rapat internal. Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur yang memimpin rapat menunjuk Marthin Purba sebagai koordinator lapangan dalam membantu kepulangan PMI Siti Handayani yang sakit di Arab Saudi.

Selanjutnya,Satgas P2MI Projo membagi tugas untuk mencari informasi dan mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber. Akhirnya, Satgas P2MI Projo menghubungi PMI Siti Handayani dan melakukan pengembangan kasus hingga mendapatkan data terkait sponsor, PT, agen-agen yang berada di Indonesia dan Arab Saudi.

Baca juga:

SEBUMI Butuh Teman Perjuangkan PMI

“Kami koordinasi dengan sponsor, PT, agen-agen terkait kepulangan Siti Handayani. Kami juga menghubungi Majikan Siti meski menggunakan google translate,” ujar Marthin.

Setelah menerima pengaduan resmi secara tertulis dari Suami Siti, Risdiyansyah, dengan Nomor pengaduan 053/SP/PP-P2MI/VIII/2022 pada tanggal tiga (3) Agustus 2022, Satgas P2MI Projo segera menghubungi anggota Satgas P2MI Projo yang berada di Arab Saudi.
Meski mendapat halangan dan tekanan saat membantu kepulangan Siti, Satgas P2MI Projo meminta kepada sponsor, agency, PT hingga calo-calo untuk segera membantu kepulangan PMI Siti.

Akhirnya, PMI Siti Handayani diterbangkan dari Arab Saudi tanggal 31 Agustus 2022 dan tiba di Indonesia tanggal 01 September 2022. “Satgas P2MI Projo langsung menjemput Siti di Launge BP2MI di Bandara Soetta. Setelah membuat surat tanda terima dengan petugas BP2MI pak Reza. PMI Siti Handayani kami bawa ke Mabes Polri dan bertemu dengan Satgas TPPO Mabes Polri untuk memberikan keterangan,” jelas Marthin.

Saat ini pekerja migran Indonesia Siti Handayani sudah kembali ke Lampung dan berkumpul dengan keluarga dan suaminya. “Terima kasih Satgas P2MI Projo Aku sudah berkumpul dengan Suami di Lampung. Tapi kenapa Aku didatangi BP2MI untuk dimintai keterangan?” tanya Siti.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...