SEBUMI Butuh Teman Perjuangkan PMI

P2MIProjo.com – Ketua Serikat Buruh Migran dan Informal (SEBUMI) Yatini Sulistyowati mengatakan, semangatnya berkunjung ke kantor Satgas P2MI Projo karena membutuhkan teman untuk memperjuangkan pekerja migran Indonesia (PMI) mendapatkan haknya.

“Pertama Sebumi karena kami butuh teman, kami butuh rekan untuk memperjuangkan PMI ini supaya mendapat keadilan. Terutama perlindungan terhadap mereka agar mereka mendapatkan haknya. Dimanusiakan dan tidak di nomor duakan oleh negara ini dan ini penting bahwa kami akan menggandeng siapa saja yang visinya sama dengan kami,” ucap Tini saat berkunjung ke kantor Satgas P2MI Projo, di Pancoran Timur, Jakarta Selatan Selasa (6/9/2022).

Dari hasil diskusi, SEBUMI mengaku punya kesamaan visi dalam pencegahan dan sosialisasi dalam menjaga dan melindumgi pekerja migran Indonesia. “Kalo Satgas P2MI Projo lebih kepada pencegahan di bandaranya dan juga sosialisasi tapi kami juga bekerja di desa dan yang terpenting bagaimana Satgas P2MI Projo tidak hanya menjadi alat untuk ‘menakuti’ tapi juga bisa bekerja sama dalam tingkat penyadaran juga tentang peningkatan kapasitas mereka terutama memperjuangkan mereka agar mereka mendapatkan haknya,” katanya bersemangat.

Baca juga:

ASPPA Siap Berjuang Bareng Satgas P2MI Projo

Menurutnya, SEBUMI dan Satgas P2MI Projo dapat berbagi tugas dalam beberapa program terkait pekerja migran Indonesia. SEBUMI akan fokus isu di daerah/desa untuk pemberdayaan sosialisasi, Awareness Raising kepada mereka dan juga pemberdayaan kepada mereka dan untuk keluarga PMInya sendiri. Ketika Satgas P2MI Projo sudah diperkuat kami bisa bekerjasama ketika bagaimana untuk melakukan penangkapan orang dan pemulangan terutama di bandara.

“Banyak sekali calo-calo yang bekerja di bandara dan itu kami sebut lingkaran setan. Hampir semua terlibat. Karena intinya bagi mereka PMI adalah uang, PMI adalah ATM. Karena itu kami butuh teman, kami butuh rekan untuk memperjuangkan PMI ini supaya mendapat keadilan,” tegasnya.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...