ASPPA Siap Berjuang Bareng Satgas P2MI Projo

P2MIProjo.com – Satgas P2MI Projo terima kunjungan dari Aliansi Srikandi Peduli Perempuan dan Anak (ASPPA) Senin (5/9/202) di DPP Projo, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, ASPPA menyampaikan keinginannya untuk berkolaborasi dengan Satgas P2MI dalam meningkatkan perlindungan kepada Pekerja Migran Indonesia khususnya Perempuan.

Baca juga:

Satgas P2MI Projo Siap Berkolaborasi dengan ASPPA ‘Tangani’ PMI

Ketua DPD Jawa Barat, Eva Nurhafifah membeberkan berbagai masalah yang sering dihadapi di wilayah Jawa Barat khususnya pekerja migran Indonesia (PMI). Menurutnya, banyak PMI kita yang mendapat perlakuan kurang baik akibat minimnya pengetahuan mereka.

“Mereka (PMI) banyak yang dibodoh-bodohi oleh pihak sponsor karena hanya diiming-imingi gaji besar dan tidak dibekali dengan pengetahuan dan pelatihan. Karena itu, ASPPA berharap bisa bergandengtangan dengan Satgas P2MI Projo dan satu komando untuk membantu PMI,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPC Kab Garut, Yanti Susanti. Dirinya mengaku termotivasi oleh Ketua ASPPA DPD Jawa Barat yang berjuang membantu para PMI yang terlibat kasus.

“Jadi di Garut banyak korban atau masalah PMI dan belum tersentuh. Karna SDM kurang dan kebanyakan korban atau keluarga takut untuk melapor karena takut ancaman dan intervensi PT. Mau lapor sini takut lapor sana takut akhirnya mereka memilih diam,” ungkapnya.

Karna sekarang ada wadahnya yaitu satgas P2MI Projo, sambung Yanti, kami termotivasi bergabung karena visi dan misinya sama ingin membantu memperjuangkan hak-hak PMI dan melidndungi PMI.

Sementara Ketua DPC Tangsel Retno merasa termotivasi untuk berjuang bersama-sama dengan Satgas P2MI Projo menangani berbagai kasus perempuan dan anak. Sebelumnya bingung mengadu kemana kalau ada kasus PMI? karena sudah ada Satgas P2MI Projo, saya siap bergabung untuk berjuang membela dan memperjuangkan hak-hak PMI,” katanya bersemangat.

Selanjutnya, Ketua DPC Bogor, Ine Nuraini membeberkan hal yang menjadi pemicu untuk bergabung dengan Satgas P2MI Projo. Ine merasa ada keselarasan dan kesamaan antara ASPPA dan Satgas P2MI Projo.

“Motto kami ASPPA memberikan perlindung Perempuan dan anak artinya kami peduli kami aware dan kami prihatin dengan yang terjadi kepada PMI. Sama dengan P2MI Projo yang memiliki Visi dan Misi melindungi, mengawal, memberikan edukasi dan semuanya untuk PMI,”
ungkapnya.

Selain itu, Sambung Ine, kami ASPPA berusaha untuk konsen bagamaimana kami bisa memberikan pendampingan kepada CPMI dan PMI terutama yang berada di Arab Saudi yang mengalami masalah. Karena itu, kami berharap Satgas P2MI Projo bisa menjadi Solusi dan bersama-sama memberikan pendampingan dan juga memberikan edukasi kepada CPMI dan PMI.

“Tuhan sudah menunjukan jalan untuk bertemmu dengan Satgas P2MI Projo. Mudah-mudahan bisa membuahkan hasil yang baik kedepannya dan memberikan edukasi bahwa mereka (PMI) bisa menjadi Duta Wisata bukan melulu sebagai PRT dan kita bisa memberikan bimbingan dan pelatihan supaya mereka memiliki skil yang baik dalam menyampaikan keindahan daerahnya,” tutupnya.

Menanggapi kunjungan dan harapan Aliansi Srikandi Peduli Perempuan dan Anak (ASPPA), Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur merasa sangat senang dan mengapresiasi ajakan ASPPA untuk bersama-sama mengawal PMI. “Kami mengapresiasi dan sangat senang kunjungan ini. Dan Satgas P2MI Projo terbuka seluas-luasnya untuk bekerja sama dengan berbagai pihak yang punya tujuan yang sama dalam perlindungan PMI. Selama kita mempunyai tujuan yang sama, kepedulian yang sama untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi untuk menjaga keselamatan PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kami siap bekerja sama dengan banyak pihak,” tegasnya.

Pertemuan tersebut di hadiri oleh

Tim Satgas P2MI Projo
Ketua Satgas P2MI Projo Sinnal Blegur, Wakil Ketua Juwahir, Penasehat Henri Tobing, Freddy Tambunan dan Judi Panca Nugroho, Wakil Sekretaris Marthin Purba, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Elfa Sukmawan, Koresponden Taiwan Haryanto Hie, Humas dan Media Oddy Karamoy Fotographer, Apriansyah

Tim ASPPA yang diwakili oleh Perwakilan Jawa Barat dan Banten
Ketua DPD Jawa Barat, Eva Nurhafifah, Ketua DPC Kab Garut, Yanti Susanti, Ketua DPC Tangsel Retno dan Ketua DPC Bogor Ine Nuraini

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...