Usai Dirawat di RS, Satgas P2MI Projo Pulangkan 1 Orang CPMI Ilegal ke Kalimantan Selatan

P2MIProjo.com – Seorang calon Pekerja Migran Indonesia Unprosedural asal Kalimantan Selatan, Hj Jum’atan (47) berterimakasih kepada Satgas P2MI Projo yang telah membantu dirinya kembali ke kampung halaman setelah mendapat pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi.

Istri dari seorang petani Kalimantan Selatan ini, sempat mengalami sakit selama tiga (3) minggu di sebuah kontrakan saat menunggu keberangkatan ke Arabia Saudi.

Hj Jum’atan mengaku diajak dua (2) temannya yang baru tiba dari Arab Saudi.
“Teman saya inisial D dan N baru pulang dari Arab Saudi 4 bulan lalu dan saya ditawari mau ikut kerja nggak. Gaji Rp5 juta dll,” ucapnya, Minggu, 4/9/2022.

Hj Jum’atan sempat bertanya saat mendapat tawaran kerja tersebut. Lantaran dirinya belum pernah bekerja selain menggarap sawah bersama suami dan anak-anaknya.

“Umur saya 47 th bisa? ibu kan biasa kerja di sawah, pasti kuat kalo kerja di dalam rumah (sebagai PRT),” katanya menirukan dialognya dengan temannya D.

Setelah mendapat pinjaman uang sebesar Rp3 juta dari keluarganya, Hj Jum’atan berangkat ke Jakarta bersama kedua temannya D dan N.

“Tanggal 18 Juli ke Jakarta 19 medical di Jakarta Selatan (tebet) dan pasporan di Sukabumi kemudian di pulangkan di kontrakan Cileungsi dan bertemu dengan Cici CPMI asal Jambi dan 1 orang asal Cianjur,” tuturnya.

Baca juga: Baca juga:

Satgas P2MI Projo ‘Giring’ 7 CPMI ke Polsek Cileungsi

Seminggu kemudian, teman Hj Jum’atan D berangkat ke Arab Saudi. Minggu berikutnya N berangkat juga ke Arab Saudi dan keduanya sudah bisa dihubungi. Hj Jum’atan ditinggalkan dikontrakan bersama kedua CPMI yang tak bisa berbuat apa-apa.

“Saya cuma bisa pasrah saja. Uang sudah habis teman sudah tidak bisa dihubungi dan akhirnya saya stress hingga jarang makan dan akhirnya saya sakit. Selama 3 minggu saya sakit tanpa berobat dan akhirnya saya pinjam uang sama anak di kampung untuk makan,” cerita Hj Jum’atan dengan suara tertahan. Hingga akhirnya, Cici (CPMI) asal Jambi dapat menghubungi Satgas P2MI Projo yang langsung datang ke kontrakan di Cileungsi, Selasa (30/8) malam.

Baca juga:

Impian CPMI Asal Jambi Kandas di Cileungsi

Setelah Satgas P2MI Projo tiba di kontrakan yang terletak di jalan Narogong RT 005/02 Kampung Cikerewis, Desa Limusnunggal, Cileungsi, Jawa Barat. Saya dibawa ke Puskesmas supaya segera mendapat pertolongan. Setelah mendapat pertolongan di Puskesmas Hj Jum’atan dibawa ke Polsek Cileungsi untuk memberikan keterangan.

“Besoknya saya dirawat di RSUD Cileungsi selama 3 hari. Saya menderita infeksi lambung karena perut sering kosong. setelah kondisi membaik saya minta pulang. Bersama Cici saya ke Bandara Soetta dan ditampung di Lounge BP2MI. Meski ada kendala tiket, tapi semua dapat diatasi oleh Satgas P2MI Projo dan BP2MI. Alhamdulilah…saya dapat tiket pesawat Citylink hari ini Minggu 4/9/2022 pukul 16:30 ke Kalimantan Selatan. Terimakasih Satgas P2MI Projo dan BP2MI,” ucapnya.

Related

Kemnaker Tutup Sementara Penempatan PMI Program SPSK ke Arab Saudi

P2MIProjo.com - Kementarian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menutup sementara penempatan...

Persiapan Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Apjati Kembali Lepas Keberangkatan 34 PMI ke Arab Saudi Lewat SPSK

P2MIProjo.com - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI)...

Banyak PHK Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov Babel Gencarkan Sosialisasi TPPO

P2MIProjo com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan...

PN Batam Banyak Adili Kasus TPPO dan PMI Ilegal, Jampidum Ingatkan Jaksa Mengacu Aturan Hukum

P2MIProjo.com - Kota Batam sebagai kota yang berbatasan langsung...